Males Baca Buku? Ini Dia Tips-Tips Menumbuhkan Minat dalam Membaca

Ini adalah postingan pertama di blog kedua gue nih. Blog yang ini khusus memposting informasi-informasi yang bermanfaat buat kita semua ^o^

Buat yang penasaran dengan blog pertama gue, silahkan aja klik disini


OK, kita kembali ke topik yang mau kita bahas.


Pasti kalian suka baca buku kan? Atau ada yang males banget buat baca buku? Buat yang males baca, malam ini gue mau ngeshare tips-tips buat kita untuk menumbuhkam minat dalam membaca buku.



Apa sich manfaat membaca buku?


Manfaatnya banyak lo. Dengan membaca, kita dapat menstimulasi otak karena membaca buku itu dapat merangsang kekuatan otak yang mungkin gak bisa kita peroleh dari mendengarkan musik atau pun menonton televisi. Tanpa kita sadari, membaca membuat otak Anda bekerja untuk berimajinasi dan itu sangat baik terhadap perkembangan otak. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.


Pada saat membaca, otak akan mencoba untuk bisa memahami semua alur cerita yang sedang dibaca kemudian akan berusaha untuk diingatnya. Hal ini sangat baik karena dengan membaca kemampuan otak kita dalam mengingat akan semakin terlatih.


Membaca buku bisa mengurangi stress lo. Kok bisa? Ya bisa dong. Karena dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%. Selain buat relaksasi, dengan membaca buku dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan yang sangat besar. Membaca dapat menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan.


Membaca buku akan menciptakan suasana santai dan tenang. Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa membaca buku-buku spiritual mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood, mengurangi depresi, dan menenangkan pikiran kita.


Rajin membaca buku ternyata dapat memberikan kita kosakata baru yang tentunya hal itu sangat bermanfaat untuk kita. Kosakata baru ini bisa kita manfaatkan untuk menulis atau bisa juga untuk meningkatkan kemampuan sosialisai kita dengan orang baru.


Banyak membaca membuat diri kita lebih empati serta meningkatkan sudut pandang dalam melihat semua masalah. Disamping itu, membaca juga dapat membuat kita lebih bijak atas nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Untuk mengembalikan tingkat konsentrasi, Kalian bisa mencobanya dengan membiasakan diri dengan rajin membaca buku. Tidak hanya meningkatkan konsentrasi, namun membaca juga dapat membuat kita lebih fokus.


Membaca dapat memberikan banyak inspirasi buat kita. Sebuah penelitian yang telah dilakukan di inggris menunjukkan bahwa setidaknya ada sekitar 60% pembaca akan merasa terinspirasi dari bacaan yang mereka baca. Apalagi kalau bacaan tersebut banyak mengandung kisah-kisah inspiratif yang akhirnya dapat menjadikan inspirasi untuk kita.




Udah tahu kan manfaatnya? Jadi, udah siap mau menumbuhkan minat dalam membaca buku? Ya udah langsung aja yuks. Cekidot.

Niatkan Diri Sendiri dalam Minat Membaca

Tips yang pertama udah pasti. Karena kalo gak di niatin di dalam hati, maka kalian gak akan pernah mau buat membaca buku. So, pastikan kalian udah memiliki niat yang tulus dan ikhlas ya.

Susunlah Rencana dalam Membaca

Gue dan teman-teman gue biasanya selalu merencanakan buat pergi ke perpustakaan buat baca buku. Maklum deh, memanfaatkan waktu luang sembari menunggu masuk mata kuliah selanjutnya. Kalian bisa kok merencanakan buat baca buku sama teman-teman kalian. Biar asyik gitu :D

Bacalah Buku yang Paling Disukai

Gue biasanya suka baca buku cerita fiksi kayak novel dan cerpen juga tentang filsafat. Selain itu, gue juga mulai senang dengan buku yang berkaitan dengan fiqih ^o^

Manfaatkan Waktu Menunggu

Jujur, gue paling kagak suka nunggu teman gue yang suka ngaret dari jam yang telah dijanjikan #Curcol :'(
Jadi, sambil menunggu teman, gue juga baca buku. Biar bosan jadi hilang :D

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Ini juga hal penting guys. Karena, rasa ingin tahu kita mampu menggerakkan diri kita dalam melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Mulailah Setahap demi Setahap

Bacalah perlahan-lahan. Nanti kalian juga akan terbiasa dalam membaca kok.

Membaca Bukan Sekedar Hobby, Tapi Pekerjaan yang Terpuji

Yups, bagi gue membaca adalah pekerjaan yang bermanfaat karena membaca membutuhkan pemikiran, waktu, harta, kesungguhan dan pengorbanan. 

Mintalah Temanmu Merekomendasikan Sebuah Buku

Gue sering banget loh nanya sama teman-teman gue buku-buku yang bagus buat gue baca. Terkadang, gue suka minjam buku-buku teman gue yang baru dia beli :D


OK, itu aja tips-tips dari gue. Semoga bermanfaat ya ^_^


Sumber :
http://manfaat.co.id/manfaat-membaca-buku
http://sehatkancantik.blogspot.co.id/2014/10/10-manfaat-membaca-buku.html
http://stylehidup.blogspot.com/2013/04/cara-meningkatkan-motivasi-minat-baca.html
https://sintadotners.wordpress.com/2011/10/09/10-cara-menumbuhkan-minat-membaca/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Fiqih "Sejarah Perkembangan Ilmu Fiqih"

10 Visual Boyband Tertampan Versi Gue :V Mana Nih Visual Favorit Kamu?

IP Semester Kamu Menurun? Ambil Hikmahnya Aja ;)