Inilah Akibat Bagi Orang yang Meninggalkan Sholat Subuh.

Good evening, guys. How are you today? Udah beberapa hari nih gue gak ngurus blog ini. Maaf ya :D

Kali ini gue mau ngebahas tentang sholat Subuh nih. Bagi yang muslim/muslimah pasti udah pada tahu nih kalo sholat itu wajib, apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan sebaliknya apabila kita tinggalkan maka akan berdosalah kita.

Di antara sholat-sholat yang ada, sholat Subuh merupakan sholat yang mengawali hari-hari kita. Sholat Subuh sangat penting dan harus dijaga pelaksanaannya dengan baik dan benar, sebab gak semua orang bisa konsisten. Bahkan bagi orang-orang yang munafik, sholat Subuh ini adalah sholat yang paling berat lo. Naudzubillahi min dzalik!

Rugi banget deh kalo kita meninggalkan sholat Subuh. Kenapa bisa rugi? Karena seperti yang udah gue jelasin sebelumnya kalau tidak melaksanakan sholat Subuh itu sudah termasuk tanda-tanda munafik. Rasulullah S.A.W. bersabda: "Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Seandainya mereka tahu apa makna di dalamnya, maka mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (Muttafaqun Alaih)

Kesengajaan tidur sampai tidak shalat subuh dan meninggalkan shalat berjamaah merupakan perbuatan kufur dan diancam dengan ancaman yang sangat berat. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Ma'un ayat 4-5: "Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya." 



Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud r.a. bertutur; “Disebutkan di hadapan Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam adanya orang yang tidur semalaman sampai pagi tiba. Beliau bersabda, “Itulah orang yang kedua telinganya dikencinginya setan.”

Mensyarah hadits ini, Ibnu Hajar menulis, “Ada yang mengatakan bahwa maknanya setan menguasainya dan menghinakannya sampai-sampai menjadikannya sebagai tempat kencing. Kebiasaan orang yang menghinakan sesuatu adalah mengencinginya. Saya katakan, ‘Siapa yang rela dihinakan seperti itu dan menjadikan telinganya sebagai tempat kencingnya setan?!”
Abu Hurairah r.a. menyatakan bahwa Rasulullah S.A.W. bersabda:
“Setan membuat tiga simpul di tengkuk salah seorang dari kalian saat dia tidur. Di setiap itu dia menghembuskan, ‘Malammu masih panjang, tidurlah!’ jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia shalat lepaslah simpul-simpul itu semuanya. (jika sudah begitu) pagi harinya dia akan bersemangat dan jiwanya bersih. Jika tidak, jiwanya kotor dan malas.’”
Maka dari itu, kita tidak boleh meninggalkan sholat, apalagi sholat Subuh. Karena dengan melaksanakannya kita sudah mendapatkan pahala dari Allah S.W.T. So, masih mau meninggalkan?

Sumber:
http://www.syahida.com/2015/02/10/1833/kerugian-orang-yang-tidak-shalat-subuh/#axzz4UKYMLRdL
https://www.facebook.com/NgungakBudayaJawiIslam/posts/193401570784232

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Fiqih "Sejarah Perkembangan Ilmu Fiqih"

10 Visual Boyband Tertampan Versi Gue :V Mana Nih Visual Favorit Kamu?

IP Semester Kamu Menurun? Ambil Hikmahnya Aja ;)