IP Semester Kamu Menurun? Ambil Hikmahnya Aja ;)

Malam gengs. Lagi apa nih? Udah tau nilai IP semesternya belum? Nilainya baik atau justru ancur? Tenang, kalo nilai kamu hancur, gak perlu sedih. Ambil hikmahnya aja. Ya gak?

Ibaratkan kata pepatah "Tidak ada asap kalau tidak ada api" (kalo gak salah). Sama kayak nilai IP semester kamu, pasti ada penyebabnya nilai kamu sampe ancur. Mungkin yang kayak gini deh:

1. Kurangnya persiapan saat menghadapi ujian.

Ini gue banget. Jujur, gue orangnya suka belajar satu hari sebelum ujian (itu pun belajarnya gak serius amat). Terus pas hari H, detik-detik mau berperang (eh?) justru gue malah santai main hp. Yang ini gak boleh ditiru ya gengs. Mau perang aja butuh persiapan loh, masa ujian kagak? :D

2. Aktivitas di luar kampus yang padat.

Lagi-lagi ini gue banget. Secara gue aktivis kampus dan jadwal di organisasi super duper padet gengs (lebay). Gara-gara ini tugas kuliah pada terbengkalai semua. Ngumpul tugas juga gak pernah tepat waktu :V

3. Kebiasaan yang malas.

Ini memang gue juga :D Memang gue orangnya pemales banget gengs. Tiap materi penting dari dosen aja kagak pernah gue catet, palingan liat catetan temen doang. Gue juga males banget ngerapiin tugas-tugas gue yang berserakan di kamar yang bikin Nyokap gue ngasih khutbah abis-abisan :D

4. Malu bertanya.

Kalo ini bukan gue gengs. Tapi gue juga gak selalu aktif bertanya sama dosen. So, buat kamu yang bener-bener kurang paham sama materi mata kuliah, gak ada salahnya buat bertanya ;)

5. Terlalu sering menghabiskan waktu di dunia maya.

Ini 100% gue banget. Tiap hari gue gak pernah absen mainin facebook gue. Gak pagi, siang, sore, malam, bahkan pas lagi jam kuliah sekalipun (untung hp gue kagak pernah kena sita dosen).

Dari sekian penyebab di atas, bisa diatasi kalo bener-bener ada niat serta usaha gengs, di antaranya:

1. Persiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi ujian.

Sekali lagi gengs, perang butuh persiapan yang maksimal, begitu pula ujian. Kamu bisa mempelajari banyak materi yang pernah di ajar dosen. Belajarnya mesti serius, jangan jadi ajang main-main. Jangan lupa berdo'a juga gengs. Ingat, usaha tanpa do'a gak bakalan berhasil, begitu pula do'a tanpa usaha. So, dua hal ini mesti balance yawww ;)

2. Atur waktu antara kuliah dan organisasi.

Ini penting banget buat yang aktivis. Balance-in jadwal kamu waktu kuliah sama organisasi. So, kamu bisa ngerjain tugas kamu dengan baik dan mengumpulkannya tepat waktu ;)

3. Kurangi sifat pemalas kamu.

Dimulai dari diri sendiri untuk ngurangin sifat buruk yang satu ini. Catatlah materi penting yang di ajarkan dosen. Terus jadilah orang yang rapi biar Nyokap gak nyeramahin kamu :D

4. Berani bertanya atau mengeluarkan pendapat.

Tanyalah tentang materi yang benar-benar belum kamu pahami/kuasai. Tuangin ide-ide kamu dengan mengeluarkan pendapat selama presentase makalah berlangsung. Selain nilai IP semester kamu bagus, kamu juga bakal dikenal banyak orang lo :D

5. Kurangi kebiasaan berselancar di media sosial

Ini cobaan yang berat buat yang aktif di dunia maya. Tapi, kamu bisa mengurangi kebiasaan ini sedikit demi sedikit. Ala bisa karena biasa gengs ;)

Oh ya, satu lagi nih gengs. Kita kuliah itu untuk menuntut ilmu, bukan sekedar mendapatkan nilai IP semester. Ilmu penting di atas segala-galanya gengs. Allah berfirman:



Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Mujadilah : 11)

Udah jelas banget gengs menuntut ilmu merupakan perintah langsung dari Allah S.W.T. karena orang yang menuntut ilmu itu diangkat derajatnya. Menuntut ilmu itu wajib dan ilmu yang kita dapatkan pasti akan menjadi berkah, bukan cuma buat diri sendiri tapi orang lain juga akan merasakan manfaatnya :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Fiqih "Sejarah Perkembangan Ilmu Fiqih"

10 Visual Boyband Tertampan Versi Gue :V Mana Nih Visual Favorit Kamu?